Minggu, 28 Desember 2008

Gaya Kampanye perlu dirubah

JAKARTA - Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menyatakan, pasca putusan MK gaya kampanye harus diubah.


Pemilu - pemilihan legislatif

Okezone.com


Gaya Kampanye Perlu Diubah
Jum'at, 26 Desember 2008 - 22:08 wib
Dian Widiyanarko - Sindo

Dia menyarankan agar para caleg untuk mulai mengubah gaya kampanye mereka dengan meninggalkan gaya kampanye penonjolan parpol dan kampanye kosong. "Menuju kampanye individual dan substantif," kata Ray, di Jakarta, Jumat (26/12/2008).

Ray mengatakan para caleg sebagai individual harus lebih terlihat dari pada parpol. Lebih dari itu, isi kampanye juga tak boleh kosong seperti ucapan selamat hari tertentu atau mohon doa restu dan sebagainya.

Harus diubah ke arah pemaparan visi misi dan program. "Dengan begitu pemilih memiliki alasan kuat rasional objektif untuk memilih calon," ujarnya.

Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat kontrak politik berjalan dan dapat meminimalisasi politik uang. Jika caleg melakukan hal itu juga akan mendapat keuntungan. "Keuntungan bagi caleg adalah dapat menjadi khas di antara para pesaing. Baik secara internal parpol atau antar parpol," jelasnya. (ram)

Tidak ada komentar: