Senin, 14 September 2009

'Pembatalan Caleg Bawaslu Sandiwara'

INILAH.COM

Ray Rangkuti


Politik


14/09/2009 - 07:51


'Pembatalan Caleg Bawaslu Sandiwara'

Djibril Muhammad


(inilah.com /Agus Priatna)

INILAH.COM, Jakarta - Rekomendasi pembatalan terhadap tiga caleg bermasalah oleh Bawaslu ke KPU harusnya ditindaklanjuti dengan penelitian. Jika tidak, rekomendasi Bawaslu itu dianggap hanya sekadar sandiwara semata.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti kepada INILAH.COM, di Jakarta, Senin (14/9). Menurut dia, sejatinya rekomendasi Bawaslu atas tiga orang caleg yang tak dapat ditetapkan tidak bisa begitu saja dianulir KPU.

"Penolakan atas satu atau dua dari rekomendasi Bawaslu memunculkan pertanyaan, apakah dalam penyelidikan Bawaslu terdapat kesalahan. Sehingga merekomendasikan fakta yang salah atau ada standar yang berbeda di KPU," papar Ray.

Hal tersebut, lanjut dia, jelas menimbulkan tanda tanya. Sebab, semestinya setelah

rekomendasi Bawaslu atas tiga orang yang dimaksud. Sehingga, Bawaslu menindaklanjuti penyelidikan ke KPU. Apakah tindakan itu atas dasar unsur kelalaian atau mungkin kesengajaan dalam penetapan sebelumnya.

"Tapi dengan hanya diterima dua dari tiga, maka pertanyaan justru diajukan ke Bawaslu. Ada apa dengan rekomendasi mereka? Apakah seluruhnya sandiwara?" tegas Ray. [jib/nuz]

Tidak ada komentar: