Kamis, 22 Oktober 2009

Kelalaian BI Jadi Biang Kerok Bailout Century

VIBIZDAILY.COM

BERITA BISNIS

Rabu, 30 September 2009 | 15:47 WIB


Kelalaian BI Jadi Biang Kerok Bailout Century


(Vibizdaily-Bisnis)

Kelalaian pengawasan perbankan oleh Bank Indonesia (BI) ditengarai sebagai penyebab kejatuhan Bank Century yang mengakibatkan pemerintah lewat Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyuntikkan dana hingga Rp 6,7 triliun.

Demikian disampaikan oleh Pengamat Ekonomi dan Politik Ray Rangkuti ketika ditemui dalam Diskusi Politik, Ekonomi terkait skandal Bank Century di Gedung Walhi, Jakarta, Rabu (30/09/2009).

"Awal mula kasus Bank Century sepenuhnya tanggung jawab BI. Maka sudah diprediksikan sebelumnya bahwa hasil laporan audit BPK akan mengarah kepada BI," tuturnya.

Hasil laporan interim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kasus bailout Bank Century yang telah dievaluasi DPR melalui Komisi XI lebih mengarah terhadap penyalahgunaan wewenang dan kelalaian pengawasan BI.

Ray menegaskan oknum-oknum BI tersebut tidak akan mengarah kepada Gubernur Bank Indonesia terdahulu dimana dipegang jabatannya oleh Boediono, karena Boediono pasti akan diselamatkan demi kepentingan politik.

"Lebih kepada staf dan oknum-oknum dibidang pengawasan, Pak Boediono pasti akan diselamatkan. Penyidikan akan dipotong hanya sampai pada bidang pengawasan," ungkapnya.

Karena, lanjut Ray, Boediono akan menjadi Wakil Presiden RI yang nantinya pasti akan diselamatkan oleh Presiden SBY agar tidak menimbulkan polemik baru di masyarakat.

(ras/RAS/dtc)

Tidak ada komentar: