Jumat, 23 Oktober 2009

Ray Rangkuti: Kabinet Baiknya 60-40%

MATA NEWS.COM




Ray Rangkuti: Kabinet Baiknya 60-40%


Headlines | Sun, Aug 23, 2009 at 08:51 | Jakarta, matanews.com


Direktur Lingkar Madani Untuk Indonesia, Ray Rangkuti mengemukakan, sebaiknyaa kabinet SBY-Boediono diisi oleh wakil partai dan kaum profesional. “Sebaiknya anggota kabinet perbandinganya 60% dari partai politik dan 40% dari profesinal/non partai,” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa untuk posisi menteri yang terkait langsung dengan publik dan dianngap vital seperti menteri ekonomi, keuangan, pendidikan, perindustrian, perdagangan, dan ESDM sebaiknya ditangani oleh menteri dari kaum profesional saja.

Sedangkan untuk posisi menteri seperti menteri sosial, menteri pemberdayaan daerah tertingal, menteri pemuda dan olahrrga boleh diduduki wakil dari partai politik. “Penunjukkan menteri ini merupakan hak prerogratif presiden kita hargai itu,tapi kan setidaknya kita bisa menyarankan kepada presiden, mengenai komposisi menteri di kabinet yang akan segera dibentuk,” komentarnya.

Ray menambahkan bahwa dia tidak meremehkan kapasitas wakil dari partai politik yang ingin di posisi menteri yang diangap vital seperti yang sudah disebutkan di atas. Menurutnya dia memiliki alasan bahwa kalau kaum profesional di posisi itu, maka pengaruh kepentingan dari partai politik bisa sedikit ditekan.

“Kita menginginkan agar jangan sampai intervensi partai politik masuk dalam birokrasi pemerintahan, karena hal ini sangat berbahaya terhadap timbulnya kasus korupsi,” ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.(*z/edy)

Tidak ada komentar: