Jumat, 23 Oktober 2009

Ratusan Massa Gerakan Oposisi Rakyat Bergerak ke Istana Negara

RAKYAT MERDEKA ONLINE


Ratusan Massa Gerakan Oposisi Rakyat Bergerak ke Istana Negara


Rabu, 21 Oktober 2009, 11:17:38 WIB


Laporan: Desy Wahyuni


Saat ini lebih dari 150 massa Gerakan Oposisi Rakyat tengah melakukan pra kondisi aksi dan terkonsentrasi di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, untuk menunggu kehadiran kelompok masyarakat lain yang akan bergabung.

Akan hadir dalam unjuk rasa ini sejumlah tokoh masyarakat sipil Indonesia diantaranya Direktur Ekseskutif Lima Indonesia Ray Rangkuti, Direktur Reform Institute Yudi Latif, pengamat politik Boni Hargens, Direktur Eksekutif Walhi Chalid Muhammad dan tokoh kritis lainnya.

Anggota Divisi Advokat Persatuan Bantuan Hukum Indonesia, Poltak Sinaga mengatakan aksi ini sebagai bentuk keprihatinan civil society atas situasi politik nasional dimana terjadi konsentrasi kekuatan politik formal pada satu kelompok politik dan mandulnya kekuatan politik untuk mengambil peran mulia sebagai oposisi sejati.

“Lalu terjadi politik transaksional dengan wujud bagi-bagi kursi di eksekutif dan legislatif,” kata Poltak pada Rakyat Merdeka Online, Rabu (21/10) pagi.

Puluhan angkutan umum sudah terparkir rapih di sekitar Tugu Proklamasi untuk membawa massa menuju titik unjuk rasa. Untungnya keramaian di kawasan ini tidak membuat arus lalu lintas tersendat. Saat berita ini diturunkan, baru terlihat Chalid Muhammad dan Boni Hargens yang hadir di tengah massa.

Rute aksi mereka adalah Bundaran Hotel Indonesia sebagai titik pertama. Dari situ massa akan long march menuju Istana Negara. [ald]

Tidak ada komentar: