Selasa, 05 Mei 2009

penghitungan Suara di Desa Sebaiknya Dihilangkan

FINROLL NEWS

PEMILU - PENGHITUNGAN SUARA DI DESA SEBAIKNYA DIHILANGKAN


Wednesday, 29 April 2009 22:07


Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengusulkan agar penghitungan suara di tingkat desa dan kecamatan dihilangkan pada pemilihan presiden dan pemilu mendatang.

Jakarta, 29/4 (Roll News) - Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengusulkan agar penghitungan suara di tingkat desa dan kecamatan dihilangkan pada pemilihan presiden dan pemilu mendatang.

"Karena dugaan terjadinya kecurangan ada di dua titik ini," kata Ray saat menjadi pembicara dalam diskusi tentang pemilu di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, sebaiknya penghitungan dari tempat pemungutan suara (TPS) langsung dibawa ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota.

"Di tingkat kabupaten/kota pengawasan partai politik bisa lebih ketat," katanya.

Ray mengaku miris dengan banyaknya laporan tentang praktik jual beli suara yang terjadi pada pemilu kali ini. "Bahkan muncul istilah belanja suara," katanya.

Pada kesempatan itu Ray juga menyoroti praktik politik uang dan pencurian suara pada Pemilu 2009 yang menurutnya lebih parah dibanding Pemilu 2004.

"Ini degradasi demokrasi," kata alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Sementara itu praktisi hukum Bambang Widjojanto menengarai adanya pembiaran terhadap carut-marut penyelenggaraan Pemilu 2009, bahkan terkesan ada upaya untuk melegalisasi berbagai pelanggaran yang terjadi.

"Ada sikap dan perilaku yang sistematis dilakukan aparat penegak hukum yang menolak pengaduan pelanggaran dari Bawaslu," kata mantan ketua Badan Pengurus YLBHI tersebut.

(S024)

Tidak ada komentar: