Kamis, 14 Mei 2009

Pileg Kacau, Isyarat Pilpres Kacau Juga?

RAKYAT MERDEKA.COM


Pileg Kacau, Isyarat Pilpres Kacau Juga?

Sabtu, 02 Mei 2009, 14:02:45 WIB


Laporan: Aldi Gultom


Jakarta, RMonline. Semakin dekat menjelang pilpres, kekhawatiran di benak masyarakat pun semakin memuncak. Apalagi kalau bukan khawatir akan kinerja KPU yang pada pemilu legislatif lalu dianggap gagal dalam meyelenggarakan pemilu yang adil dan jujur.

Hal ini diutarakan oleh bekas mantan ketua Komite Indenpeden Pemantau Pemilu, Ray Rangkuti.

“Pertama pileg sudah kacau. DPT berantakan, IT nya kacau, rekapitulasi nya juga kacau. Ini isyarat Pilpres akan kacau juga,” ujarnya saat berbincang dengan RMonline, Sabtu (2/5).

Ray, yang sudah sejak tiga bulan sebelum pileg mengusulkan agar para komisoner di KPU mundur, melihat pekerjaan mempersiapkan pilpres adalah sesuatu yang tidak mudah.

“Pekerjaan yang begitu berat ini tidak mungkin dipikul oleh mereka yang tujuh orang ini. Kedua, secara moral sebenarnya mereka sudah harus mundur. Kan harus ada yang tanggungjawab atas gagalnya pileg kemarin,’ katanya.

Bagaimanapun juga, ia berharap pilpres nanti berjalan baik dengan perbaikan kinerja KPU. Ia mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan pemilu yang penting bukan hasil dari pemilu itu, tapi proses yang mendahuluinya.

“Ini tentang bagaimana rakyat dapat menggunakan hak pilihnya, bukan masalah hasilnya,” pungkasnya. [ald]

Tidak ada komentar: