Minggu, 22 Februari 2009

Survei: 30% Masyarakat Tak Tahu Hari H Pemilu

Pemilu - pemilihan legislatif

Survei: 30% Masyarakat Tak Tahu Hari H Pemilu


Minggu, 22 Februari 2009 - 14:48 wib

Mardanih - Okezone

JAKARTA - Meski pelaksanaan pemilu legislatif kurang 47 hari, namun 30 persen masyarakat Jabodetabek tidak mengetahui pasti pelaksanaannya. Hanya 24 persen saja yang mengetahui pelaksanaan pesta demokrasi itu.

Demikian hasil survei yang dilakukan Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Jakarta pada 5-18 Februari 2009. Survei itu dilakukan terhadap 720 calon pemilih di Jabodetabek dengan responden 62 persen laki-laki dan 38 persen perempuan.

Dari temuan hasil survei itu, calon pemilih yang mengetahui pelaksanaan pemilu legislatif pada bulan April 2009 lebih banyak, yakni 45 persen dibandingkan dengan tanggal pelaksanaan pemilu.

"Banyak yang tidak mengetahui tanggalnya," kata Direktur Lima Jakarta Said Salahudin dalam keterangan pers di Mangga Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/2/2009).

Oleh sebab itu, Komisi Pemilihan Umum atau KPU harus terus melakukan sosialisasi pelaksanaan pemilu kepada calon pemilih. Apalagi, jelas Said, daerah itu terletak di perkotaan.

Sementara berdasarkan survei untuk calon pemilih, yang sudah terdaftar sebagai daftar pemilih tetap atau DPT, terdapat 63 persen yang menyatakan sudah terdaftar. "Hanya 3 persen saja yang belum terdaftar," terangnya. (hri)

Tidak ada komentar: