Jumat, 02 Januari 2009

Aktivis 98 Rame-rame Jadi Caleg Pemilu 2008

KOMPAS TV

Rabu, 27 Agustus 2008, 22.13 WIB


Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 sepertinya akan diisi oleh wajah-wajah baru dari kalangan muda. Saat ini, sebanyak 200 nama mantan aktivis 1998 masuk dalam bursa calon legislatif dari partai-partai politik yang akan bertarung di Pemilu 2009. Rabu siang, mereka terlihat hadir dalam Sarasehan dan Silaturahmi Aktivis 98 menuju Pemilu 2009 di Gedung Mahkamah Konstitusi. Meski diusung oleh partai politik berbeda, tak ada kesan persaingan diantara mereka.

Nama-nama aktivis 98 yang menjadi calon legislatif itu antara lain Rama Pratama dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Masinton Pasaribu dan Budiman Sudjatmiko dari Fraksi PDI-P. Ray Rangkuti, Direktur Lingkar Madani Untuk Indonesia (LIMA) menyatakan silaturahmi ini digelar karena minimnya publikasi terhadap para caleg dari kalangan aktivis 98. Caleg dari kalangan artis justru lebih menarik dipublikasikan oleh partai politik. Lebih lanjut. Ray juga menyatakan pencalonan aktivis 98 menjadi anggota dewan ini merupakan regenerasi politik.

Lantas apa motivasi mereka masuk ke dalam birokrasi, padahal ketika tahun 1998 lalu para aktivis ini mengkritisi kinerja anggota DPR ? Menurut Budiman Sudjamitko, dengan masuknya para aktivis ke parlemen bisa memberi wajah baru, termasuk menahan godaan korupsi setelah menjadi anggota dewan.

| Reporter/Kamerawan:Budhi | Penulis:Santos | VO: Maya | Editor Video:Ucup |

Tidak ada komentar: