Kamis, 08 Januari 2009

Penerbitan Perpres Logistik Harus Diwaspadai

OKEZONE.COM

Pemilu - pemilihan legislatif

Penerbitan Perpres Logistik Harus Diwaspadai
Jum'at, 9 Januari 2009 - 04:07 wib

Dian Widiyanarko - Sindo


JAKARTA - Direktur Nasional Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti menyatakan rencana KPU penerbitan peraturan presiden (perpres) untuk penunjukan langsung pengadaan logistik di daerah harus diwaspadai.

Dia menilai hal tersebut rawan menimbulkan kecurangan. "Penting untuk mengingatkan bahwa penunjukan langsung sangat rentan mengundang terjadinya mark up harga karena tidak adanya pembanding langsung terhadap penyedia barang dan jasa yang ditunjuk," kata Ray dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (8/1/2009).

Perpres yang diterbitkan akan memberi peluang bagi KPU untuk melakukan penunjukanlangsung. KPU akan menafsir sepihak kondisi darurat yang melandasinya.

Ray mengatakan permintaan perpres juga bertolak belakang dengan asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih, sebab penunjukan langsung rawan penyelewengan.

Menurut Ray permintaan perpres menjadi bagian dari ketidakjelian KPU melaksanakan amanah UU. Sukses pemilu semestinya dibarengi dengan sukses pengadaan logistik pemilu di atas dasar-dasar yang telah ditetapkan di dalam Keppres 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa.

Padahal, selama ini KPU mengklaim bahwa pelaksanaan pemilu berjalan dengan normal, sesuai jadwal, bahkan telah terlaksana hingga 70 persen sampai 80 persen. "Jika begitu halnya, apa yang faktor yang mengakibatkan pentingnya menerbitkan perpres," tanyanya. (ram)

Tidak ada komentar: