Sabtu, 10 Januari 2009

KPU Dinilai Sudah Tak Layak Tangani Pilpres

Pemilu - pemilihan legislatif

KPU Dinilai Sudah Tak Layak Tangani Pilpres

Sabtu, 10 Januari 2009 - 15:08 wib
Amirul Hasan - Okezone


JAKARTA - Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) kembali mengkritik kinerja KPU. LIMA menilai banyaknya ketidakberesan yang dilakukan KPU dalam mempersiapkan Pemilu tahun ini. Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary yang sekarang bahkan dinilai sudah tidak layak menangani pemilihan presiden mendatang.

"Kalau sekarang diganti rasanya tidak mungkin, tapi bisa saja mereka tidak lagi menangani pemilihan presiden," ujar Direktur Nasional LIMA Ray Rangkuti di Warung Daun, Jalan Pakubuwono Jakarta Selatan, Sabtu (10/1/2009).

Menurut Ray, kemampuan personal anggota KPU sangat menghawatirkan, sehingga pada Oktober lalu dirinya pernah mengusulkan untuk penggantian ketua KPU, namun saat itu tidak ada yang setuju. Ray juga memaparkan beberapa kinerja KPU yang dianggap buruk.

"Sosialisasi tidak mungkin dilakukan Januari ini, aturannya saja tidak jelas. Regulasi-regulasi seperti empat Perpu yang diajukan sampai sekarang juga belum diselesaikan," urainya.

Melihat kondisi ini, lanjut Ray, pihaknya mengaku pasrah dan hanya bisa berdoa agar Pemilu bisa terlaksana. "Karena kalau harus sukses nampaknya tidak mungkin," tukasnya.

Ray menambahkan dengan berbagai masalah yang ada, KPU bisa kehilangan wibawa dan legitimasinya sehingga tak sepatutnya mereka bisa menyelenggarakan pemilihan presiden.

"Apakah mereka masih layak mengelola Pilpres? Masa dipaksa untuk menangani pemilu lagi," pungkas Ray.(ded) (uky)

Tidak ada komentar: