Jumat, 24 April 2009

Bawaslu Sebut Polri Punya Standar Ganda

OKE ZONE

Bawaslu Sebut Polri Punya Standar GandaKamis, 23 April 2009 - 13:26


wibInsaf Albert Tarigan - Okezone TEXT SIZE :


JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menilai Kepolisian Republik Indonesia (Polri) memiliki standar ganda dalam menangani sederet kasus pemilu. Hal ini terkait ditolaknya laporan Bawaslu oleh Polri beberapa waktu lalu.

Anggota Bawaslu Wahidah Syuaib mengatakan, sikap polisi dinilai berbeda seperti saat menangani ratusan kasus lainnya yang dilaporkan Bawaslu. "Biasanya tidak serumit itu," ujar Wahidah dalam acara seminar di RM Koetaradja, Jakarta, Kamis (23/4/2009).

Menurutnya, penolakan Polri akan laporan Bawaslu tersebut menimbulkan kesan bahwa Polri tidak ingin menerima kasus tersebut dan tidak ingin bola ada di pihak kepolisian.

Lebih lanjut dia mengatakan, awalnya Polri menolak laporan Bawaslu dikarenakan belum diketahuinya unsur kesengajaan oleh KPU. Namun, setelah bukti unsur kesengajaan dilampirkan, Polri meminta barang bukti lainnya.

"Kami khawatir kejadian ini akan berdampak pada Kepolisian di tingkat provinsi dan Panwaslu daerah. Kami juga khawatir ini akan berdampak pada penegakan hukum saat Pilpres nanti," tandasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu Mabes Polri menolak laporan Bawaslu ketika melaporkan tindak pidana pemilu yang dilakukan oleh KPU. Hal ini menuai sorotan dari berbagai pihak yang intinya meragukan profesionalitas Polri. (teb)

Tidak ada komentar: