Minggu, 19 April 2009

Penundaan Pemilu di NTT Masih Menggantung

RAKYAT MERDEKA CO.ID

Penundaan Pemilu di NTT Masih Menggantung

Sabtu, 04 April 2009, 12:45:47 WIB


Laporan: Aldi Gultom


Jakarta, RMonline. Pengunduran jadwal Pemilu di kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu Flores Timur dan Lembata sampai saat ini dianggap belum mendapatkan kepastian.

Hal ini karena Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya memberi lampu hijau atas rencana pemunduran jadwal pemungutan suara pada KPUD disana.

”Ini aneh. KPU hanya mengatakan kalau memang pada hari H tidak ada yang datang berarti pemilu diundur. Lucu sekali,” kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia Ray Rangkuti kepada RMonline.

Menurutnya, KPU harus mengeluarkan keputusan yang pasti terkait pengunduran jadwal tersebut agar tidak menimbulkan kekacauan dalam penghitungan hasil pemilu.

Sebagai informasi, keputusan mundur itu disebabkan tidak adanya dukungan dari petugas Kelompok Kerja Pemungutan Suara (KPPS). KPPS sudah menyatakan tidak bisa melaksanakan tugasnya karena merayakan hari Kamis Putih, sesuai tradisi masyarakat Katolik di sana menyambut Jumat Agung.

Sesuai UU Pemilu, pemilu lanjutan bisa dilakukan ketika ada bencana dan kondisi lain.

Namun, menurut Ray Rangkuti, cara KPU untuk menyampaikan keputusan itu sangat tertutup, seolah-olah KPU takut disalahkan.

“KPU bilang bakal diundur kalau tidak ada yang datang, itu namanya bukan pengunduran,” ujarnya. [ald]

Tidak ada komentar: