Minggu, 12 April 2009

Fadjroel Minta SBY Pecat KPU

INILAH.COM

Politik
12/04/2009 - 17:07

Fadjroel Minta SBY Pecat KPU

Fitriya Usman


(inilah.com/ Subekti)INILAH.COM, Jakarta - Penyelenggaraan pemilu legislatif dinilai sangat kacau dan membuat kecewa banyak pihak. Karenanya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didiminta untuk memberhentikan semua anggota KPU.


"Jalan satu-satunya untuk melepaskan diri dari kecurangan adalah SBY harus memecat KPU nasional. Karena tidak ada jalan lain," kata Direktur Eksekutif Pedoman Indonesia, Fadroel Rachman, di Jakarta, Minggu (14/2).


Menurut mantan capres independen ini, jika SBY tidak memecat para anggota KPU, maka akan timbul penilaian dari masyarakat bahwa manipulasi pemilu yang terjadi memang dinginkan SBY.


Salah satu tandanya dapat dilhat dari kemenangan sementara partai Demokrat. "Jadi pilihannya bola panasnya ada di SBY. Memecat KPU untuk menyelamatkan pemilu sekarang atau mempertahankannya. Dengan risiko bahwa pemilu ini busuk dan dia akan mengalami seperti Marcos," papar Fadjroel.


Ia menjelaskan letak kekacauan pemilu legislatif tahun ini adalah amburadulnya daftar pemilih tetap (DPT). Hal itu, jelasnya, disebabkan oleh kerja Departemen Dalam Negeri.


"Kan dari DP4 tetap pelaksanaan untuk di lapangan memperbaikinya memang KPU. Mendagri cuma mengatakan kami dapat dari BPS. Jadi mudah sekali mengelaknya dibandingkan KPU. Kalau KPU diberi uang Rp 44 Triliun untuk memperbaiki DPT sekaligus menjalankan pemilu kan," tandas mantan aktivis ITB ini. [jib/nuz]

Tidak ada komentar: