Minggu, 19 April 2009

Lima Kecewa Laporan Bawaslu Ditolak Polisi

OKE ZONE.COM

Pemilu - pemilihan legislatif


Lima Kecewa Laporan Bawaslu Ditolak Polisi

Senin, 20 April 2009 - 05:03 wibDian Widiyanarko - Koran SI TEXT SIZE :


JAKARTA - Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) menyatakan kecewa terhadap pihak kepolisian yang menolak laporan dugaan tindak pidana yang dilakukan Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) pada pemilu 2009 lalu.

"Alasan penolakan kepolisian yang mengemuka atas laporan tersebut adalah karena kurangnya alat bukti berupa surat suara yang tertukar. Satu hal yang memang tidak mungkin dapat disertakan," kata Direktur Lima Nasional Ray Rangkuti, di Jakarta, Minggu (19/4/2009).

Ray menilai penolakan tersebut merupakan langkah terburu-buru, irasional, melecehkan hukum dan terlihak panik. Menurutnya, Kesan panik juga terlihat manakala pihak kepolisian berlaku tidak pantas dalam menerima rombongan pihak Bawaslu.

"Sehingga tejadi ketegangan yang tak perlu antara kepolisian dengan rombongan Bawaslu sebagai pihak pelapor tau pengadu," tandasnya.

Ray mengatakan, sebetulnya tidak ada alasan pihak kepolisian untuk menolak laporan dan mengembangkan laporan yang dimaksud. Data-data yang disertakan Bawaslu lebih dari cukup untuk dinyatakan sebagai data awal bagi pengembangan kasus tersebut.

"Adapun data yang kurang untuk melengkapi laporan sudah merupakan tugas pihak kepolisian untuk mengembangkan, mencari, dan menambahnya," pungkas Ray. (teb)

Tidak ada komentar: