Kamis, 23 April 2009

Blok Politik Pengusung Capres Bakal Terganjal 20% Perolehan Suara

PIKIRAN RAKYAT

Blok Politik Pengusung Capres Bakal Terganjal 20% Perolehan Suara

Minggu, 15 Maret 2009 , 17:22:00


PURWOKERTO, (PRLM).- Mantan Ketua MPR Amien Rais memprediksi blok-blok politik pengusung calon presiden menjelang pemilihan presiden (Pilpres) yang tinggal empat bulan lagi bakal terganjal oleh angka 20 persen perolehan suara capres. Blok -blok poltik belakangan ini namanya terus bermunculan ke permukaan sebagai hal yang wajar untuk mencapai sebuah kekuasaan.

Pada Pilpres mendatang hanya akan menyisakan tempat bagi tiga pasangan capres dan cawapres. Karena tidak semua blok politik dari sejumah parpol yang sudah mengusung capres masing-masing, pada pemilu legislatif akan memperoleh jumlah suara signifikan yakni 20 persen di kursi DPR.

"Capresnya mungkin hanya Mega dan SBY sedangkan satu lagi mungkin Yusuf Kalla. Sedangkan capres-capres lain yang kini banyak bermunculan, pengusungnya dari beberapa blok politik akan terhalang aturan 20 persen perolehan suara parpol di kursi DPR," kata Amien Rais di sela-sela Safari Dakwah Islamiyah di Cilongok, Banyumas. Jateng, Minggu (15/3)

Menurut Amien, soal fenomena munculnya blok politik pengusung capres akhir-akhir ini, merupakan hal yang wajar saja. Seperti munculnya capres muda-muda seperti Rizal Ramli, Fajrul Rahman, Ray Rangkuti, Yudi Krisnadi, Marwah Daud dan sebagainya. Capres-capres inilah yang dikatakan Amien bakal sulit muncul bertanding ke pilpres.

Menurutnya, dalam pilpres tidak ada partai tunggal yang bakal memenangi pemilu, harus ada koalisi. Amien mengkritik melihat perkembangan koalisi yang hanya sekadar untuk menambah kekuatan diri dan mengurangi kekuatan lawan.

Oleh karenanya masyarakat berharap adanya tokoh yang memiliki wacana dengan konsep yang relatif konkret dan jelas. (A-99/das)***

Tidak ada komentar: