Minggu, 26 Juli 2009

KPU Timbulkan Pertanyaan


MATANEWS.COM

Sunday, July 26, 2009 20:40
KPU Timbulkan Pertanyaan


Headlines | Sat, Jul 25, 2009 at 12:17 | Jakarta, matanews.com


Pengamat politik Ray Rangkuti, mengemukakan, penetapan hasil rekapitulasi oleh KPU masih menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat, karena hanya mengumumkan hasil jumlah suara yang diperoleh 3 pasang Capres-Cawapres saja,

Seharusnya kata Ray, yang namanya sebuah hasil rekapitulasi, KPU juga harus mengumumkan, jumlah suara yang rusak, berapa surat suara yang telah dicoret, berapa jumlah keseluruhan pemilih, berapa yang tidak memilih. “Dari hal-hal inilah baru kemudian dijumlahkan perolehan suara seperti yang diumumkan saat ini,” kata Ray di Jakarta, Sabtu.

Menurut Ray, pada dasarnya hal-hal yang tidak diumumkan inilah sebenarnya yang sebagian besar dianggap tim Mega-Prabowo dan JK-Wiranto sebagai pelanggaran dalam Pilpres. “Hasil Pilpres ini masih harus menempuh jalur hukum di MK. Dan jika dalam pemeriksaan MK akhirnya menyatakan telah terjadi pelanggaran secara masiv, maka Pilpres harus diulang,” kata Ray.

Selain itu kata Ray, beberapa hari lalu KPU juga kembali membuat blunder, yaitu dengan mengumumkan hasil rekapitulasi dua hari lebih cepat dari tanggal yang sudah ditentukan dalam UU yakni tanggal 27, hari ini. “Banyak kalangan jadi bertanya, apa yang diburu sehingga harus ada pengumuman awal. Ada apa ini? Berbagai pertanyaan akhirnya muncul,” kata Ray.

Bahkan kata Ray, ada juga yang sudah menganggap KPU ada yang intervensi untuk memproklamirkan hasil rekapitulasi lebih cepat.”pasti ada pihak-pihak yang mengintervensi KPU agar segera memproklamirkan pemenang Pilpres” ujarnya.(*z/edy)

Tidak ada komentar: