Selasa, 16 Juni 2009

Capres Harus Umumkan Formasi Kabinet yang Disiapkan

MEDIA INDONESIA.COM


Capres Harus Umumkan Formasi Kabinet yang Disiapkan

Senin, 15 Juni 2009 23:47 WIB



JAKARTA--MI: Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) harus menyebutkan jajaran kabinet yang dipersiapkan jika pasangan tersebut kelak terpilih. Hal tersebut dimaksudkan agar pemilih tidak menjadi objek dari janji-janji kampanye yang akan berujung pada manipulasi.

Hal itu dikemukakan Direktur Lingkar Madani (LIMA) Nasional, Ray Rangkuti di Jakarta, Senin (15/6). "Sebaiknya mengumumkan juga nama-nama calon kabinet mereka, termasuk di dalamnya jumlah kabinet yang akan dibuat lengkap dengan nama-nama dalam kursi kabinet yang dimaksud," ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jajaran pada bidang ekonomi, menjadi bagian terpenting untuk disebutkan. Mengingat selama masa kampanye, ketiga capres cawapres gencar menyuarakan janji-janji perbaikan ekonomi. "Bidang ekonomi sekaligus merupan titik perbedaan antara tiga pasangan calon tersebut. Menyebut nama-nama calon anggota kabinet ekonomi khususnya akan memperteguh komitmen mereka dalam membangun sistem ekonomi seperti yang mereka ungkapkan," paparnya.

Namun, sambungnya, sekalipun pasangan capres dan cawapres enggan menyebut nama calon tim ekonomi mereka, maka harapan berikutnya adalah moderator debat kampanye yang akan dilaksanakan selama lima kali. "Moderator dapat menanyakan hal ini pada lima kali debat yang dilaksanakan," imbuhnya. (NJ/OL-06)

Tidak ada komentar: