Sabtu, 06 Juni 2009

Tim Mega Prabowo Sesalkan KPU yang Terus Ubah Jadwal

REPUBLIKA NEWSROOM


Tim Mega Prabowo Sesalkan KPU yang Terus Ubah Jadwal


By Republika NewsroomJumat, 05 Juni 2009 pukul 20:34:00



JAKARTA -- Sekjen PDIP yang juga menjadi anggota dewan penasehat tim kampanye nasional capres cawapres Megawati Soekarnoputri - Prabowo Subianto, Pramono Anung Wibowo, mengatakan kubunya menyesalkan selalu berubahnya jadwal deklarasi kampanye damai yang digelar KPU. Hal ini menurutnya menunjukkan tidak independensinya KPU.

''Kami menyesalkan KPU yang tiap hari mengubah waktu (deklarasi kampanye damai),'' kata Pramono, Jumat (5/6) malam. Semula, KPU menjadwalkan kegiatan ini pada 2 Juni 2009. Tapi karena Presiden SBY yang juga menjadi salah satu capres untuk Pemilu Presiden 2009 sedang bertugas di luar negeri, acara itu ditunda menjadi 10 Juni 2009.

Semula, KPU menjadwalkan deklarasi tersebut dilakukan pagi hari setelah penundaan hari tersebut. Tetapi, karena Presiden pada hari yang sama meresmikan jembatan suramadu, waktu deklarasi pun berubah menjadi malam hari. ''Ini menunjukkan KPU memang tidak independen,'' ujar dia.

Meski demikian Pramono menegaskan Megawati dan Prabowo akan mengikuti jadwal KPU itu. ''Mega Prabowo taat azas, akan tetap ikuti jadwal KPU. Tapi ini strong warning agar KPU bersikap independen dan tidak selalu mengubah-ubah jadwal,'' ujar dia. Sebagai catatan, kejadian serupa juga terjadi pada Pemilu Legislatif lalu.

Perubahan jadwal ini pun, kata Pramono, sudah membuat deklarasi kampanye damai kehilangan makna. ''Apa artinya deklarasi kampanye damai ketika kampanye sudah berjalan jauh,'' ujar dia.

Sebelumnya Direktur Nasional Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti pun meminta acara deklarasi ini ditiadakan saja. Selain sudah terlambat karena masa kampanye sudah dimulai 2 Juni 2009, substansinya pun tak ada. ''Kampanye damai itu juga harus teraplikasikan dalam penegakan peraturan terhadap pelaksanaan kampanye. Yang itu justru kerap dilalaikan KPU,'' kata Ray.ann/pur

Tidak ada komentar: