Minggu, 14 Juni 2009

DPR Perlu Tahu Asal Dana BLT

VIVANEWS.COM

DPR Perlu Tahu Asal Dana BLT
Dana BLT yang dikucurkan pemerintah sebagai ganti subsidi BBM ternyata berasal dari utang.


Minggu, 14 Juni 2009, 16:00 WIBHadi Suprapto, Nerisa



VIVAnews - Dewan Perwakilan Rakyat perlu berinisiatif meminta penjelasan pemerintah mengenai asal dana bantuan langsung tunai. Berapa jumlah utang yang diterima, apa tujuannya, serta berapa jumlah dan bunga utang itu.

Direktur Lingkar Madani Untuk Indonesia, sekaligus pengamat politik dan aktivis Koalisi Anti Utang, Ray Rangkuti, menegaskan hal itu pada diskusi bertajuk Utang Versus Kedaulatan: Tantangan Ekonomi Politik Presiden Sekarang dan Mendatang oleh Freedom Institute - LP3ES, di kantor LP3ES, Jalan S Parman, Jakarta, Minggu 14 Juni 2009.

Hal itu perlu dilakukan, karena sesuai temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dana BLT yang dikucurkan pemerintah sebagai ganti subsidi bahan bakar minyak (BBM) ternyata berasal dari utang Bank Dunia.

Dia mengungkapkan, dewan perwakilan bisa memanggil menteri terkait, seperti menteri perekonomian dan menteri kesejahteraan rakyat untuk meminta pertanggungjawaban utang baru itu.

Senada dengan itu, Direktur Direktur Lembaga Studi Agama dan Filsafat M Dawan Rahardjo menambahkan, utang seakan-akan bersifat sebagai bantuan untuk masyarakat. "Padahal, masyarakat sebenarnya ditipu," tuturnya.

Dia menambahkan, utang sebenarnya merupakan langkah strategis negara asing untuk kepentingan investor. Bantuan yang dikucurkan memiliki timbal balik bagi pemerintah Indonesia untuk memuluskan bisnisnya, namun di sisi lain membangkrutkan negara. "Alhasil, Jadi, pembangunan di Indonesia banyak dilakukan asing," kata dia.

• VIVAnews

Tidak ada komentar: