Selasa, 23 Juni 2009

Prabowo Tertinggi Boediono Terpojok

TRIBUN TIMUR


Prabowo Tertinggi Boediono Terpojok

Laporan: Persda Network/Rachmat Hidayat


Selasa, 23 Juni 2009 | 12:51 WITA



YOGYAKARTA, TRIBUN - Berapa skor yang didapat para kandidat calon wakil presiden (cawapres) yang akan menunjukkan kelihaian debat pada Selasa (23/6) nanti? Prabowo Subianto, Boediono ataukah Wiranto? Cawapres Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto bagi pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti, meyakini Prabowo akan unggul dalam perdebatan bertajuk 'Membangun Jati Diri Bangsa' pertama kali bagi para kandidat cawapres.



Kepada Persda Network, Ray mengungkapkan, bila dilihat dari tema dan sedikit perubahan format debat cawapres, poin terbanyak akan dikumpulkan Prabowo Subianto.



"Poin 7 untuk Prabowo, 6 untuk Wiranto serta poin 5 ke bawah untuk Boediono. Meski poin ini bisa saja berubah, tergantung penampilan dari para cawapres yang akan menyampaikan visi dan misinya," kata Ray.



Tema debat, menurut Ray Rangkuti menguntungkan cawapres Prabowo Subianto dan Wiranto yang sejak awal memang konsen mengedepankan isu jati diri bangsa. Sementara bagi calon pendamping SBY, Boediono, kata Ray, akan terpojok.



"Paling tidak dalam dua pertanyaan terakhir, pertama soal Indonesia tetap berhutang dan Indonesia yang tetap menjual aset-aset bangsa yang strategis. Kelemahan lain Boediono, karena memang pada dasarnya bukan ahli debat," kata Ray.



"Penampilan Boediono ini bisa menjadi bumerang. Tapi bisa juga sebaliknya bagi kandidat cawapres lain. Prabowo misalnya, bila penampilannya yang garang tidak dibarengi kemampuan menjaga diri, ini bisa menjadi bumerang juga," lanjut Ray.



Mengenai figur Wiranto. Ray menyatakan kelebihan figur cawapres Partai Golkar dan Hanura ini, dikarenakan sebagai tokoh yang bis menjaga diri. Namun, sambung Ray, secara visi dan misi tidaklah terlalu kuat.(*)

Tidak ada komentar: