Selasa, 16 Juni 2009

Lima Minta Capres Umumkan Tim Ekonomi

OKEZONE.COM

Pemilu - pemilihan presiden


Lima Minta Capres Umumkan Tim Ekonomi

Selasa, 16 Juni 2009 - 02:00 wibDian Widiyanarko


JAKARTA - Para capres dalam kampanye mulai menyatakan mengenai visi ekonomi yang akan diusungnya kelak setelah memimpin. Namun belum ada capres yang mengumumkan siapa tim ekonomi di kabinet mereka nantinya.

Untuk itu, Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) meminta capres mengumumkan tim ekonomi mereka. "Lima amat menghargai siapapun calon presiden dan wakil presiden yang berani menyatakan dengan terbuka calon tim ekonomi di kabinet yang akan mereka bentuk," kata Direktur Lima, Ray Rangkuti, Senin (15/6/2009).

Hal ini penting, sebab, inilah salah satu cara untuk mengukur keseriusan para capres dengan model ekonomi yang akan mereka laksanakan selama lima tahun masa bakti. Jangan sampai misalnya mereka teriak-teriak dengan ekonomi kerakyatan tetapi nama calon menteri ekonominya datang dari ekonomi neoliberal, dan atau sebaliknya. "Di sinilah peran dari pengumuman nama calon menteri tersebut menjadi penting dan relevan," jelasnya.

Ray mengatakan, bidang ekonomi inilah yang menjadi titik tekan kampanye tiga pasangan capres. Hal itu pula yang sekaligus merupan titik perbedaan antara tiga pasangan calon tersebut.

Maka menyebutkan nama-nama dari tim ekonomi kabinet yang akan mereka bentuk merupakan satu keharusan yang menjadi bagian integral dari janji kampanye mereka. Hal ini dimaksudkan agar pemilih tidak menjadi objek dari janji-janji kampanye yang akan berujung pada manipulasi.

"Menyebut nama-nama calon anggota kabinet ekonomi khususnya akan memperteguh komitmen mereka dalam membangun sistem ekonomi seperti yang mereka ungkapkan," ujarnya.

(ram)

Tidak ada komentar: