Selasa, 16 Juni 2009

Petinggi BUMN Jadi Tim Sukses Dinilai Tak Etis

OKE ZONE.COM

Pemilu - pemilihan presiden


Petinggi BUMN Jadi Tim Sukses Dinilai Tak Etis


Selasa, 16 Juni 2009 - 19:44 wibTB Ardi Januar - Okezone TEXT SIZE :


JAKARTA - Banyaknya petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi tim sukses salah satu pasangan capres dinilai tidak etis. Pasalnya, BUMN adalah lembaga yang mengelola uang negara.

"Sampai saat ini sedikitnya ada 13 petinggi BUMN menjadi tim sukses. Jangankan menjadi tim sukses, menjadi jurkam saja tidak boleh," ujar pengamat politik Ray Rangkuti saat dikonfirmasi okezone, Selasa (16/6/2009).

Menurutnya, seorang petinggi BUMN memang memiliki hak politik. Namun, lanjut dia, mereka tidak diperbolehkan memobilisasi massa dan berperan aktif memenangkan salah satu pasangan karena mereka memiliki jabatan di perusahaan negara. "Ini jelas tidak etis," tandasnya.

Bukan menjadi rahasia umum, kata dia, jika selama ini BUMN menjadi "ATM" bagi pasangan calon. Bahkan, lanjutnya, terdapat sejumlah nama petinggi BUMN yang tidak mengetahui apapun, namun namanya tercantum menjadi tim sukses salah satu pasangan.

"Kita akan terus mengkritisi hal ini. Karena, selain ingin pemilu bersih, kami juga ingin uang negara aman dan tidak dipergunakan untuk kepentingan politik," pungkas Ray. (teb)

Tidak ada komentar: