Rabu, 11 Maret 2009

Dana Kampanye Parpol Tidak Realistis

BERITA JATIM

Selasa, 10/03/2009 12:10 WIB

Dana Kampanye Parpol Tidak Realistis

Jakarta - Saldo rekening partai politik yang dirilis KPU dinilai tidak realistis. Jumlahnya tidak seberapa, namun iklan jor-joran di mana-mana.

Menurut Direktur LIMA Ray Rangkuti, secara hukum memang parpol-parpol tersebut telah lolos dari seleksi KPU. Namun parpol menyertakan rekening tersebut hanya berpikir agar asal ada laporan dana awal.

"Tapi tetap saja realitasnya ternyata berbeda antar dana awal dengan banyaknya iklan-iklan kampanye," kata Ray kepada INILAH.COM, Jakarta, Selasa (10/3).

Ray Rangkuti menilai perlu adanya investigasi laporan dana awal dengan kenyataan di lapangan yang tidak realistis. Namun diperlukan keberanian KPU dan Bawaslu untuk melakukan investigasi tersebut.

"Ini sebenarnya pekerjaan mudah, mereka tinggal print out saja pengunaan iklan di berbagi televisi itu," ujar Ray.

Perlunya investigasi tersebut, lanjut Ray, berlandasakan pada perlu terwujudnya pemilu yang menggunakan dana secara transparan. Dan diharapkan Pemilu 2009 harus ada peningkatan transparansi dalam penggunaan dana pemilu.

"Kedua secara teknis pelaksanaa pemilu sudah kacau, setidaknya masih ada hiburan dalam bentuk parpol transparan dalam penggunaan dana kampanyenya," pungkas Ray. [inilah.com/ted]

Tidak ada komentar: