Selasa, 24 Maret 2009

LIMA Desak KPU Akhiri Polemik DPT

NTT ONLINE

LIMA Desak KPU Akhiri Polemik DPT

Ditulis oleh Hans

Minggu, 22 Maret 2009 20:31

jakarta, NTT Onlie - DIREKTUR Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti mendesak agar Komisi Pemilihan Umum segera mengakhiri polemik tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT). KPU dituntut untuk segera menyerahkan DPT akhir kepada partai politik paling lambat Selasa (24/3) mendatang.

"KPU harus segera mengakhiri polemik DPT dengan mengambil langkah-langkah kongkrit. Jangan berlarut-larut," tukas Ray di Jakarta, kemarin.

Ia mengatakan, KPU harus memberikan kesempatan kepada partai politik peserta pemilu untuk melakukan verifikasi DPT. Verifikasi DPT oleh parpol ini penting untuk menjamin bahwa KPU bersikap transparan. Selain itu, demi mengantisipasi potensi kecurangan penggelembungan DPT di tingkat daerah.

"Misalnya, parpol diberi waktu tiga hari untuk verifikasi. Bila tidak ada tanggapan pemilu bisa dilanjutkan dan isu DPT diakhiri. Namun, bila ada koreksi, maka hari berikutnya KPU langsung membuat perubahan sesuai kesalahan yang ada," tutur Ray.

Menurutnya, hingga saat ini KPU seolah 'menutup mata' karena tidak kunjung menyikapi isu mengenai penggelembungan DPT. Padahal, lanjut dia, indikasi di tingkat nasional sudah ada.

Ia menambahkan, mengenai kasus pilkada Jawa Timur hendaknya aparat terkait tetap melanjutkan penyidikan unsur pidana sesuai mekanisme yang ada.

"Dengan begitu, persoalan DPT ini tidak dibiarkan berlarut-larut dan bisa dianggap selesai. Dan isu pemilu ditunda pun bisa diakhiri," tandas Ray. san

Tidak ada komentar: