Minggu, 15 Maret 2009

Ray Rangkuti: KPU Seenaknya Sendiri

INILAH.COM

Politik
15/03/2009 - 06:12

Ray Rangkuti: KPU Seenaknya Sendiri
Windi Widia Ningsih

INILAH.COM, Jakarta - Tindakan KPU yang mengubah jadwal tanpa memberitahukan partai politik peserta pemilu 2009, dianggap merugikan. Padahal, hal seperti ini sudah sering terjadi pada semua tahapan pemilu.


"KPU memang tidak cakap melaksanakan tugas. Terjadinya perubahan ini kan sudah wataknya KPU yang suka mengubah-ubah dengan seenaknya," kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti, kepada INILAH.COM, di Jakarta, Minggu (15/3).


Menurut Ray, dari dulu KPU memang sering melakukan perubahan, tapi baru sekarang terdengar suara dari parpol. "Perlakuan ini jelas sangat tidak menguntungkan parpol karena efek dari perubahan jadwal tersebut," ujarnya.


Padahal, katanya, dalam UU saja telah disebutkan untuk penyusunan jadwal kampanye harus dilakukan bersama-sama dengan parpol. Namun, justru hal tersebut tidak dilakukan oleh KPU yang sejak awal tak menghitung efek yang akan ditimbulkan.


Ia juga menyatakan setuju dengan tindakan PDIP yang ingin melakukan protes ke KPU dengan mengirimkan surat resmi. "Saya pikir itu bagus. Jadi parpol juga perlu cari tahu apakah ini untuk kepentingan satu atau dua partai," tegas Ray.


PDIP, pada Sabtu (14/3) telah mengirimkan surat protes resmi ke KPU berkaitan hal itu. Sebab, jadwal kampanye telah diubah KPU sebanyak tiga kali. [nuz]

Tidak ada komentar: