Rabu, 11 Maret 2009

Transparansi Rekening Dana Kampanye Parpol Diragukan

ANTARA

Transparansi Rekening Dana Kampanye Parpol Diragukan


Antara - Rabu, Maret 11Jakarta (ANTARA) - Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Ray Rangkuti meragukan transparansi rekening khusus dana kampanye partai politik yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Ada kesan Parpol belum transparan, belum melaporkan yang sebenarnya," kata Ray saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Ray menduga, jumlah dana yang dimiliki Parpol sebenarnya lebih besar dari jumlah yang dilaporkan ke KPU.

Dia mengatakan, ada beberapa Parpol yang gencar memasang iklan di media massa, namun dalam pelaporan ke KPU jumlah yang dilaporkan tidak signifikan.

Karena itu, Ray mendesak Parpol selain melaporkan jumlah dana berikut sumbernya, juga melaporkan penggunaan dana secara transparan.

Terkait dana kampanye, Ray menyatakan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perlu melakukan investigasi untuk memastikan kebenaran laporan tersebut, sekaligus untuk mencari tahu kemungkinan dana tersebut diperoleh dengan cara yang tidak benar.

Berdasar peraturan KPU, pelaporan rekening dana kampanye dan dana awal kampanye harus menyertakan jumlah dan rincian sumber dana.

Namun, sesuai penjelasan Kepala Bagian Administrasi Hukum KPU Ahmad Fayumi, dalam pelaporan rekening itu rata-rata Parpol tidak mencantumkan rincian sumber dananya.

Tidak ada komentar: