Minggu, 29 Maret 2009

KPU Tangkis Pemilu Abal-abal


Politik
30/03/2009 - 10:01

KPU Tangkis Pemilu Abal-abal
Vina Nurul Iklima

Ray Rangkuti

(inilah.com/ Raya Abdullah)INILAH.COM, Jakarta - Digempur desakan oleh berbagai pihak, KPU akhirnya mengoreksi DPT pemilu legislatif. Sekalipun terkesan sudah tak beraturan, tapi setidaknya KPU telah mengambil keputusan yang bisa membuat lembaga penyelenggara pemilu ini bisa menangkis gugatan demi gugatan.


"Apa yang dilakukan KPU juga untuk menghindarkan dari pemilu abal-abal," kata Direktur Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti melalui SMS kepada INILAH.COM di Jakarta, Senin (30/3).


Menurut Ray, kebijakan perbaikan DPT untuk yang keempat kalinya harus tetap dibuat dasar hukumnya. Bawaslu atau Panwaslu, begitu juga parpol wajib dilibatkan KPU sejak sekarang.


"Sekalipun terlihat lucu karena sebelumnya KPU ngotot tak ada masalah dengan DPT, bahkan sampai menantang parpol segala," ujar Ray.


Tapi, sambungnya, KPU jangan menunggu di ujung tanggal 1-4 April. Sebab hal itu dapat menumpuk persoalan. Apalagi mengingat pemilu legislatif tinggal menghitung hari pada 9 April mendatang.


"KPU harus membangun kepercayaan lagi sekarang," tandasnya.


KPU akan mengoreksi DPT yang diduga ada manipulasi atau penggelembungan hingga 20 juta orang. Sebelumnya KPU bersikukuh meminta bukti resmi dugaan itu kepada parpol. [ikl/sss]

Tidak ada komentar: