Jumat, 27 Maret 2009

Tanggul Jebol Berpotensi Money Politics

INILAH.COM

Politik
27/03/2009 - 14:04

Tanggul Jebol Berpotensi Money Politics
Raden Trimutia Hatta


(inilah.com/ Wirasatria)INILAH.COM, Jakarta - Musibah tanggul jebol di situ Gintung akan dimanfaatkan parpol untuk mencari simpati masyarakat. Musibah itu pun diprediksi berpotensi menimbulkan money politics berkedok bantuan dari parpol.


"Saya pikir itu berpotensi melahirkan politik uang. Sebaiknya parpol yang ingin memberikan bantuan ke masyarakat di sana tidak dibarengi dengan mencuri kesempatan berkampanye," ujar Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (Lima) Nasional Ray Rangkuti kepada INILAH.COM, di Jakarta, Jumat (27/3).


Menurut Ray, parpol harus memiliki komitmen untuk tulus membantu keluarga korban tanpa menggunkan cara kotor seperti money politics. "Misalnya bantuannya 30 karung beras tapi benderanya 100, itu namanya menggunakan kesempatan dalam musibah. Jangan terlalu mencoloklah kampanyenya," imbaunya.


Ray menyatakan, parpol yang ingin membuka posko bantuan di sekitar daerah situ Gintung sebaiknya juga tidak mendominasi tempat musibah dengan atribut-atribut parpol. Sebab, kalau itu terjadi maka cukup jelas sekali kalau parpol itu berkampanye.


"Masyarakat sekarang sudah pintar, untuk itu partai jangan berpikir bisa mengikat masyarakat dengan uang. Kalau terlalu mencolok nanti masyarakat malah jadi antipati pada parpol yang yang terlalu mencolok berkampanye dengan kedok memberi bantuan," pungkasnya. [mut/ana]

Tidak ada komentar: