Kamis, 05 Maret 2009

Lima Bantah Jegal Capres Tertentu


INILAH.COM

Politik
22/02/2009 - 17:09

Lima Bantah Jegal Capres Tertentu
Vina Nurul Iklima

Ray Rangkuti

(inilah.com/ Raya Abdullah)

INILAH.COM, Jakarta - Lingkar Madani Indonesia (Lima) melakukan studi pemantauan terhadap makin banyaknya politik klaim yang dilakukan oleh parpol. Namun, lembaga itu membantah kegiatan ini sebagai upaya jegal menjegal capres 2009.


"Tidak ada jegal menjegal, karena kita civil society dan kita membuktikan faktanya," kata Direktur Operasional Lima Ray Rangkuti, dalam konferensi pers di Mangga Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/2).


Menurutnya pemantauan yang sedang dilakukan Lima justru menyehatkan publik. Karena selama ini tidak ada data penyeimbang terhadap klaim-klaim parpol tersebut. "Kita tidak menyalahkan partai-partai itu, apalagi sampai membawa ke masalah pidana. Tetapi ada informasi lain yang menyehatkan publik," papar Ray.


Ray mengatakan, pemantauan ini bukan sebuah survei. Tapi sebagai pembuktian apakah benar iklan itu sesuai dengan apa yang mereka (parpol) kerjakan. "Positive campaign itu tidak hanya menyebutkan dirinya melulu. Tapi bisa disebutkan (dalam iklan) 'saya beserta'," imbuh dia.


Sejauh ini Lima masih belum menemukan hasil dari kegiatan itu. "Nanti hasilnya kita beritakan ke publik," sambungnya.


Saat ini, Lima menilai makin marak politik klaim menjelang pemilu 2009 melalui iklan. Sementara, tidak ada data penyeimbang atas klaim-klaim itu. "Bisa-bisa nanti menteri ikutan klaim," tandasnya. [ikl/nuz]

Tidak ada komentar: