Jumat, 27 Maret 2009


INILAH.Com

Politik
27/03/2009 - 13:28

Media Tak Adil Liput Kampanye Parpol
Djibril Muhammad

Ray Rangkuti
(inilah.com/ Raya Abdullah)INILAH.COM, Jakarta - 10 Hari pelaksanaan kampanye rapat umum terbuka marak dengan berbagai pelanggaran oleh parpol, baik kecil maupun besar. Namun media massa cenderung pilih kasih alias tidak adil dalam memberitakan kampanye parpol.


Adanya ketidakadilan media itu disampaikan Direktur Eksekutif Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA), Ray Rangkuti dalam pesan singkatnya kepada INILAH.COM di Jakarta, Jumat (27/3). Menurut Ray, pemberitaan beberapa parpol besar tersebut, juga ditopang dengan pemuatan foto selama kampanye.


"Posisi terbanyak meliput parpol-parpol besar," ujar mantan Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) ini,


Selain itu, lanjut Ray, media juga ikut menampilkan capres dari masing-masing parpol. Meski begitu, diakui Ray, pemberitaan media selama kampanye masih terbilang proporsional. Artinya belum ke arah yang memberikan citra negatif bagi parpol.


"Tapi sebagian besar parpol peserta kampanye bahkan tidak pernah diberitakan aktivitas kampanyenya. Parpol baru yang paling banyak diberitakan hanya Partai Gerindra dan Hanura," jelas Ray yang bernama asli Ahmad Fauzi itu. [jib/ana]

Tidak ada komentar: